Video Klip Beyonce Ini Picu Amarah Netizen

Copyright: mashable

Video klip lagu terbaru Beyonce, "Formation", mengundang amarah dan pujian di antara para penggemarnya.

PlusMinus - Video klip terbaru Beyonce, "Formation", mengundang amarah netizen. Mereka mengkritik video tersebut telah merendahkan aparat penegak hukum. Di halaman Facebook Beyonce, para netizen menyerukan untuk memboikot video klip itu. 

"Sebagai istri seorang polisi, saya tersinggung oleh seluruh video ini," komentar salah satu netizen, seperti dikutip Bussiness Insider.

Ada dua adegan di dalam video klip tersebut yang dinilai menyinggung aparat penegak hukum. Pertama, Beyonce duduk di atas mobil polisi New Orleans yang terendam genangan air. Akan tetapi, maksud adegan itu sebenarnya adalah Beyonce ingin menggambarkan bencana Badai Katrina di tahun 2005, yang telah menewaskan ratusan orang dan membuat ribuan orang kehilangan rumah dan kelaparan selama berhari-hari.

Adegan kedua yang diprotes netizen adalah ketika seorang anak laki-laki berbaju hitam berdiri di depan barisan polisi. Laki-laki tersebut lalu memberikan tanda berhenti dengan kedua tangannya. Sedangkan polisi merespon tindakan itu dengan mengangkat tangan seolah-olah menyerah.

Lalu, kamera menyorot tulisan di dinding, "Berhentilah menembaki kami." Adegan tersebut merupakan dukungan untuk gerakan Black Lives Matter, yang sempat menjadi topik hangat di Amerika Serikat. Sebab, beberapa tahun lalu, laki-laki, wanita dan anak-anak berkulit hitam dibunuh oleh polisi.

Walau begitu, tak semua orang memandang negatif video klip "Formation" Beyonce ini. Ada pula yang memuji video klipnya. "Video 'Formation' mencakup banyak aspek identitas budaya dan ras untuk Afrika-Amerika ini, lebih khusus orang-orang dari daerah New Orleans yang secara historis memiliki warisan budaya Afrika dan Kreol. Video ini merupakan penegasan identitas budaya orang kulit hitam di Amerika," tulis salah satu netizen.

Lagu "Formation" sendiri sebenarnya berisi dukungan untuk orang-orang kulit hitam. Seperti ulasan koran The New York Times yang ditulis Jenna Wortham, lagu "Formation" bukan hanya tentang kebrutalan polisi, tapi juga pengalaman hidup orang kulit hitam di Amerika, termasuk tentang standar kecantikan, kebudayaan dan sejarah. 
(sumber muvila)

Intip video klipnya di bawah.

0 komentar :

Posting Komentar

More

Cari Artikel

Popular Post