Cerita Sebenarnya di Balik Berita Pilot MH370 Ditemukan Hidup

PlusMinus - Dunia maya dihebohkan dengan sebuah artikel tentang kemunculan pilot Malaysia Airlines Penerbangan 370 yang hilang hampir dua tahun yang lalu.

Dalam artikel yang dilansir World News Daily Report Minggu ini, Zaharie Ahmad Shah, sang pilot diklaim masih hidup dan sedang menjalani perawatan di sebuah rumah sakit Taiwan.

Namun laporan Asia News Network pada Jumat lalu, memastikan jika berita yang terlanjur tersebar itu palsu.

Seperti diketahui, Shah dan ke-238 orang lainnya yang berada di dalam pesawat Boeing 777 menghilang dalam perjalanan mereka dari Kuala Lumpur ke Beijing pada tahun 2014. Oleh pemerintah Malaysia semua korban dianggap telah meninggal dunia.

Menteri Transportasi Malaysia Datuk Seri Liow Tiong Lai mengatakan kepada wartawan rumor tentang Shah itu tidak benar.

"Kementerian akan memberikan update tentang MH370 dari waktu ke waktu. Setiap informasi mengenai MH370 harus dirujuk ke kami. Jangan berspekulasi," tulis laporan harian Malaysia, Bernama, mengutip pernyataan Lai.

Lai menambahkan ia telah mengkonfirmasi laporan itu kepada konsulat Taiwan di Malaysia dan dinyatakan sebagai berita palsu atau hoax.

Dalam laporannya pada Rabu pekan lalu, World News Daily menulis artikel dengan judul besar 'Taiwan: Pilot MH370 Muncul Kembali Setelah Pesawatnya Hilang Lebih Dari Dua Tahun di Laut China Selatan'.

Artikel tersebut disertai sebuah foto seorang pria yang diperban seluruh badan terbaring di tempat tidur rumah sakit.

Disebutkan pula bahwa para penduduk sebuah desa di Taiwan menemukan Shah dekat Sungai Tangshui dan langsung membawanya untuk mendapatkan pertolongan.

Dalam artikel itu juga dikatakan dokter yang memeriksa mengatakan Shah mengalami amnesia regresif. World News Daily mengutip laporan kondisi Shah dari seorang dokter bernama Dr Syed Boon Sulong.
"Pasien masih sangat lemah dan sakit, dan otaknya tampaknya masih belum mampu mengingat bagian tertentu dari ingatannya untuk melindungi dirinya dari rasa pilu yang mungkin dihasilkan dari kenangan," kata Sulong dalam artikel tersebut. "Kesehatannya terlalu rapuh untuk saat ini, tapi seiring waktu, ia harus mampu mengingat semuanya."
Laporan itu sangat mengejutkan warga Malaysia yang sampai saat ini masih harapan bahwa MH370 dan penumpangnya mungkin masih selamat meskipun didera penasaran akan hilangnya pesawat tersebut.
Namun artikel itu langsung dibantah. Asia News Network mengatakan bahwa sumber artikel ini menggambarkan dirinya sebagai 'sebuah surat kabar Zionis Yahudi Amerika yang berbasis di Tel Aviv dan fokus untuk meliputi berita arkeologi dan misteri lain yang terkait kitab-kitab agama di seluruh dunia'.
Snopes.com melaporkan bahwa foto pasien yang diduga Shah sebenarnya seorang pria bernama Aung Myo Oo dari Burma. Sementara dokter yang dilaporkan sebagai Sulong sebenarnya adalah seorang wakil direktur jenderal kesehatan Burma, Jeyaindran Sinnadurai.
Pencarian puing-puing dari MH370 terus dilakukan di Samudera Hindia pada hari Jumat lalu. Laporan terbaru tentang pencarian awal pekan ini menyebutkan pihak operasional telah menyisir lebih dari 85.000 kilometer persegi dasar laut untuk mencari bukti hilangnya MH370. Pencarian terbaru ditetapkan akan mencakup area seluas 120.000 kilometer persegi, yang kemungkinan akan selesai pada Juni tahun ini.


0 komentar :

Posting Komentar

More

Cari Artikel

Popular Post