J.K. Rowling Umumkan Sekolah Sihir Baru di Dunia Harry Potter

Tak hanya di Inggris, kini negara di benua lain pun punya sekolah sihir mereka sendiri.

PlusMinus - Jika berbicara mengenai sekolah sihir, pasti pikiran kita tertuju pada sekolah sihir Hogwarts yang ada di cerita novel dan film-film Harry Potter. Sekolah sihir tersebut berada di Skotlandia, Inggris Raya. Terletak di sebuah pulau, dengan gedung utama, sebuah kastil kuno yang disebut Hogwarts Castle.

Berimajinasi lebih jauh mengenai sekolah sihir di dunia Harry Potter, belum lama ini J.K. Rowling mengungkap empat sekolah sihir baru di berbagai negara di dunia. Adapun di dalam franchise film Harry Potter, selain sekolah sihir Hogwarts, setidaknya ada dua sekolah sihir lain yang sudah diceritakan.

Pada kesempatan kali ini, PlusMinus akan membahas empat sekolah sihir baru tersebut, dan mengingatkan dua sekolah sihir yang pernah diceritakan dalam film-film Hary Potter

1. Mahoutokoro


Sekolah ini merupakan sekolah sihir kuno yang berlokasi di Jepang. Mahoutokoro [Mah - hoot - o - koh – ro] berlokasi di pulau bernama Minami Iwo Jima. Inilah pulau vulkanik yang oleh para muggle dianggap sebagai pulau kosong tak berpenghuni. Murid-murid di Mahoutokoro merupakan murid-murid dengan postur tubuh paling kecil jika dibandingkan dengan murid sekolah sihir lainnya.

Murid-murid di Mahoutokoro memulai sekolah di usia 7 tahun, tetapi para murid baru menetap di Mahoutokoro sejak usia 11 tahun. Para murid yang masih pulang ke rumah, setiap harinya diterbangkan dengan burung laut raksasa.

Murid-murid di Mahoutokoro diberikan jubah yang sudah dimantrai. Jubah ini akan berubah warna seiring dengan ilmu yang dikuasai sang murid. Warna merah muda menandakan masa-masa awal, dan warna emas menandakan level tertinggi. Jubah tersebut akan berubah menjadi warna putih jika murid yang memakainya telah melanggar kode etik sihir dan mempunyai peluang untuk menjadi penyihir hitam.

Mahoutokoro merupakan sekolah sihir yang dikenal dengan reputasi quiditch-nya. Keahlian yang didapat dari murid-murid Hogwarts yang zaman dahulu menetap di Mahoutokoro.

2. Uagadou


Sekolah ini merupakan salah satu yang terbesar di Afrika dan di dunia. Uagadou [Wag-a-doo] menerima murid dari berbagai daerah dan berbagai benua. Seperti Mahoutokoro, Uagadou juga terletak di area pegunungan, bangunannya seperti diukir di pinggir pegunungan yang sering tertutup kabut, sehingga untuk beberapa kondisi, para murid seperti mengambang di atas awan.

Sebagai informasi untuk pecinta dunia sihir, tongkat sihir adalah temuan penyihir-penyihir Eropa. Meskipun di Afrika tongkat sihir juga digunakan, tetapi sebagian besar murid Uagadou dan penyihir di Afrika mampu melakukan sihir hanya dengan menunjukkan jari atau gerakan tangan tertentu. Murid-murid dan alumni Uagadou terkenal dengan kemampuannya di ranah astronomi, kimia, dan perubahan wujud.

Mengenai keahlian perubahan wujud ini, banyak penyihir senior dari luar Afrika merasa terancam saat mengetahui ada murid Uagadou berusia 14 tahun yang mampu mengubah dirinya secara sempurna menjadi Gajah atau Macan Tutul.

3. Castelobruxo

Sekolah sihir ini berlokasi di benua Amerika, tepatnya di Brazil. Castelobruxo [Cass - tell - o - broo – shoo] berisi murid-murid yang lebih banyak berasal dari Amerika Selatan. Castelobruxo berlokasi di dalam hutan hujan Brazil. Bangunan sekolahnya berupa kastil megah yang oleh mata muggle dianggap sebagai reruntuhan kastil kuno. Meskipun sudah dimantrai agar muggle tak melihat wujud asli sekolah ini, Castelobruxo tetap menggunakan perlindungan khusus yang disebut Caipora--makhluk halus kecil yang berbulu dan sangat jahil.

Castelobruxo dikenal dengan program pertukaran pelajarnya. Selain itu, sekolah sihir ini juga dikenal dengan penelitannya terhadap flora dan fauna yang sudah sangat maju. Murid sekolah ini menggunakan jubah hijau terang sebagai seragam resminya.

4. Ilvermorny


Sampai artikel ini ditulis, J.K. Rowling belum memberikan detail mengenai sekolah sihir Ilvermorny [Ill - ver - morn – ee]. Tetapi sudah bisa diketahui bahwa Ilvermorny berlokasi di Amerika Utara. Diprediksi sekolah sihir ini setidaknya akan disebut atau muncul di film Fantastic Beasts and Where to Find Them.

5. Beauxbatons Academy of Magic


Sekolah sihir ini pernah muncul dalam film Harry Potter and the Goblet of Fire (2005). Beauxbatons Academy of Magic berlokasi di daerah pegunungan Pyrenees di sebelah barat daya Eropa. Sekolah sihir ini memiliki murid dari Prancis, Spanyol, Portugal, hingga berbagai negara Skandinavia.

6. Durmstrang Institue


Sekolah sihir ini juga pernah menjadi bagian cerita dari film Harry Potter and the Goblet of Fire (2005). Berbicara mengenai lokasi Durmstrang Institute, tak ada orang yang benar-benar mengetahui lokasinya. Sekolah ini sangat merahasiakan lokasi pasti sekolahnya. Orang-orang yang pernah mengunjungi sekolah ini harus dibuat lupa mengenai perjalanannya menuju sekolah tersebut.

Durmstrang juga dikenal sebagai sekolah yang mempunyai reputasi kelam jika berhubungan dengan penyihir jahat. Setidaknya ada tiga masa kelam yang pernah terjadi di sekolah ini. Salah satunya adalah masa-masa di mana mantan Death Eaters, Igor Karkaroff menjadi kepala sekolah di Durmstrang. Sang kepala sekolah meninggalkan posisinya di masa-masa kebangkitan Lord Voldemort.

Durmstrang dikenal sebagai sekolah yang mengajarkan pertahanan sihir dengan cara yang ekstrem. Sekolah ini pernah mempraktekkan duel antara murid-muridnya dan mengajarkan semua teknik bela diri sihir yang ada. Kurikulum ini masih menjadi unggulan bagi Durmstrang.

0 komentar :

Posting Komentar

More

Cari Artikel

Popular Post